Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit

Cara Mengatur Keuangan Dimasa Sulit
Cara Mengatur Keuangan Dimasa Sulit

Cara Mengatur Keuangan – Inilah cara mengatur keuangan dimasa sulit, simak pembahasan kali ini agar kalian mengetahui cara yang ampuh untuk mengatur keuangan dimasa sulit:

Bagaimana cara mengelola keuangan di periode susah? Ini salah satunya pertanyaan yang cukup jamak ditanya oleh warga dunia di periode wabah Corona-19.

Sebetulnya bukanhanya di periode wabah saja, tiap orang tentu pernah merasakan saat-saat susah saathidupnya. Khususnya permasalahan yang terkait dengan ekonomi atau keuangan.

Tiap orang mempunyai langkah sendiri dalam atur keuangannya. Tetapi, ada beberapa kiatkhusus dalam mengelola keuangan yang perlu dilaksanakan tiap orang saat hadapi saat-saat susah.

Tidak gampang, tetapi dapat dilaksanakan oleh siapa saja yang ingin atur
keuangannya saat ada di periode susah. Diambil dari beragam sumber, berikut ialah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan di masa sulit.

Menyusun Ulang Anggaran Pengeluaran

Masa-masa susah tidak dapat disetarakan dengan keadaan biasa. Oleh karenanya, penting untuk tiap orang untuk membuat ulangi bujet pengeluarannya.

Aturlah bujet pengeluaran yang baru dan samakan dengan keadaan keuangan sekarang ini. Pisah uang bujet setiap terima upah atau pendapatan bulanan.

Warga urban umumnya mempunyai lima pos anggara pengeluaran, yaitu; keperluan teratur, angsuran, tabungan atau investasi, sosial, dan pola hidup.

Nah, di saat-saat susah seharusnya kita lebih memprioritaskan pos keperluan teratur, seperti; uang makan, berbelanja dasar, bill listrik dan air. Juga penting untuk tekan pengeluaran untuk pola hidup dan sosial.

Membayar Tagihan Sesegera Mungkin

Percaya atau tidak, ada beberapa orang yang menyukai menahan-nahan bayar bill bulanan. Misalkan bill penggunaan kartu credit, listrik, air, dan sebagainya.

Menahan-nahan bayar bill tidak menolong keuangan Anda. Malah bill yang dibayarkan telat akan dikenai denda dan jadi pengeluaran tambahan yang bikin rugi.

Maka sedapat mungkin tidak boleh tunda pembayaran bill karena kita tidak tahu keadaan keuangan di periode kedepan. Disamping itu, bayar bill on time akan jaga nama baik kita, baik itu di Bank atau lembaga yang lain.

Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Kita harus lebih arif dan sabar saat ada di saat-saat susah keuangan. Selalu prioritaskan penuhi keperluan daripada kemauan yang tidak fokus.

Karenanya, Anda harus dapat membandingkan apa yang masuk ke kelompok keperluan dan apa yang terhitung dalam kemauan.

Fungsinya buat apa? Supaya kita dapat tekan pengeluaran suatu hal yang tidak demikian dibutuhkan.

Walau di saat-saat susah keuangan, kadang orang dapat terlepas kendalian
saat belanja dan beli barang yang sebetulnya tidak begitu diperlukan.

Menyisihkan Dana Untuk Kebutuhan Darurat

Ok, keadaan keuangan saat ini benar-benar susah. Tetapi tidak berarti kita benar-benar tidak dapat simpan dana untuk keperluan genting.

Sedapat mungkin Anda harus simpan dana cadangan untuk kepentingan yang genting. Kenapa? Karena kita tidak paham keadaan ekonomi global di masa datang dan permasalahan apa yang hendak ada.

Ini sebagai langkah mengelola keuangan di periode susah yang dapat disebutkan sebagai kunci untuk tiap orang untuk mengantisipasi hadapi keadaan terjelek.

Jangan Berhutang

Walaupun pada kondisi yang susah, sedapat mungkin Anda janganlah sampai berhutang.

Ini tidak berarti Anda sama sekalai jangan berhutang, namun pikir kembali untuk hal menekan apa hingga Anda harus berhutang.

Bila berhutang mempunyai tujuan untuk menolong meningkatkan usaha, karena itu hal itu dapat dilaksanakan. Tetapi bila berhutang untuk penuhi kemauan beli barang tertentu karena itu seharusnya tidak boleh dilaksanakan karena ini dapat membuat keuangan makin
memiliki masalah.

Menghemat Pengeluaran Hingga 15%

Pada umumnya beberapa perencana keuangan mereferensikan supaya tiap keluarga mengirit 10% dari upah mereka.

Tetapi di saat-saat ekonomi susah, beberapa penasihat keuangan mereferensikan tiap keluarga untuk mengirit sampai 15% dari pendapatan bulanan.

Distribusikan pengehamatan itu ke bujet bulanan, seperti yang Anda kerjakan
untuk ongkos hidup yang lain.

Jangan Belanja Secara Kredit

Pembelian barang dengan kartu credit memang berkesan gampang sebab bisa mencicilnya sepanjang beberapa waktu.

Tetapi, berbelanja dengan mencicil condong membuat seorang jadi lebih boros dan menambahkan beban utangnya.

Jika bukan untuk kepentingan menekan, jauhi beli barang dengan mencicil. Rutinitas mencicil ini dapat menggerus keuangan dan membuat utang menimbun.

Hiduplah di Bawah Kemampuan Anda

Pada masa ekonomi normal, kita dapat hidup sesuai kamampuan keuangan. Tetapi pada perekonomian yang susah seperti saat ini, benar-benar dianjurkan untuk hidup di bawah kekuatan Anda.

Ada beberapa hal dapat kita kerjakan untuk kurangi pengeluaran bulanan.
Misalkan, stop atau kurangi rutinitas ngopi pada tempat mahal, stop atau kurangi rutinitas makan di restaurant, dan lain-lain.

Kata Penutup

Baiklah sobat, itulah sedikit informasi tentang cara mengatur keuangan dimasa sulit, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

Jangan lupa ikuti terus website kami mashariono dan instagram, untuk kalian mengetahui cara mengatur keuangan dimasa mendatang.